Wednesday 10 June 2015

Susah Bangun Pagi? Mesti Membiasakan 4 Hal Ini




            Bangun pagi itu rasanya berat banget, apalagi bagi para remaja yang tinggal di kost-kost-an, biasanya sih anak kuliahan. Namun bisa gawat kalau saat ada ujian, mata masih susah untuk dibangunkan. Bisa-bisa nggak lulus, atau dapat peringatan dari Dekan, dan lebih parah orangtua marah dan tak mau kirim uang bulanan. Satu pekerjaan yang gagal dilakukan ketika susah bangun pagi saja sudah menimbulkan banyak musibah, apalagi dua pekerjaan, tiga pekerjaan, atau banyak pekerjaan. Mungkin dunia kita akan hancur, dan itu hanya karena kita susah bangun pagi.

            Well, tak bisa dipungkiri, bermalas-malasan di kamar saat pagi itu enak banget. Tidak melakukan apa pun dan rasanya puas. Namun, ketika kita susah bangun pagi, itu tandanya sisi buruk dalam diri kita yang menang. Jika kita tak segera memberantas sisi negatif itu, maka kita tidak akan pernah sukses. Rezeki kita pun akan dipatok ayam—kata orang dulu. Ya, dan itu benar banget. Kita akan rugi jika kita masih muda saja sudah susah bangun pagi, apalagi tua nanti.

            Tapi, kalian yang saat ini masih susah untuk membuka mata di pagi hari tak perlu khawatir, karena saya akan bagi beberapa tips agar kita terbiasa bangun pagi:

1.Olahraga Teratur dan Hindari Stres
            Saat tubuh tidak sehat karena kurang olahraga—apalagi ditambah stres, maka badan akan terasa lelah dan banyak pikiran yang tak perlu akan mengganggu pola tidur kita. Alhasil, tubuh akan semakin malas bergerak bangun dari ranjang. Cara pertama agar kualitas tidur kita maksimal adalah dengan olehraga teratur dan hindarkan pikiran dari stres. Rilaks saja. Pikirkan sesuatu yang lebih ada manfaatnya. Berikan sugesti positif bahwa kita bisa melakukan apa pun, termasuk bangun pagi-pagi.

2.Hindari Tidur Terlalu Larut Malam
            Remaja masa kini biasanya suka sekali begadang. Sebenarnya begadang buat apa? Iya kalau buat mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Namun biasanya para remaja suka begadang karena nongkrong di warung, kafe, atau malah asyik pacaran. Padahal semua hal itu tak penting. Sebaiknya bagi kalian yang masih pacaran,segeralah akhiri agar mendapat 4 manfaat ini.
            Nah, setelah begadang dan tidur saat malam telah sangat larut, maka banyak dari kita akan menambah jam tidur yang telah tebuang sia-sia demi begadang di malam itu. Alhasil, kita akan malas bangun pagi, kemudian ujian, pekerjaan jadi kacau karena tak bisa kita kerjakan denga maksimal.

3.Atur Alarm



            Salah satu cara ampuh yang banyak orang lakukan adalah mengatur alarm. Yap, cara ini sebenarnya dapat membangunkan kita. Tetapi kebanyakan dari kita hanya akan bangun untuk mematikan alarm-nya, kemudian tidur lagi. Jadi, lebih baik atur alarm dengan bunyi yang sangat nyaring, biasanya dihasilkan oleh jam weker. Atau saat ini banyak yang jual jam alarm berjalan. Jadi, kita akan terbangun dan mengejar ke mana jam tersebut berlari. Alhasil mata kita tak akan mengantuk lagi.

4.Paksa Diri untuk Bangun Pagi Minimal 5 Hari
            Setelah semua cara di atas hanya mampu bertahan membangunkan kita untuk beberapa hari saja, maka cara terakhir adalah kita harus tegas pada diri sendiri. Kita harus berani memaksa diri untuk bangun pagi, minimal 5 hari, maka kita akan dengan sendirinya terbiasa bangun pagi-pagi.
            Untuk hal positif, jangan ragu untuk memaksa diri, seperti halnya bangun pagi. Bangun pagi itu enak, Guys. Selain tubuh dan pikiran lebih fresh, kita juga akan dapat melakukan banyak hal dengan maksimal, tidak terburu-buru, dan tentunya hasil yang akan kita dapatkan juga maksimal.

            Masih malas bangun pagi? Rugi mah. Karena dengan bangun pagi banyak manfaat yang akan kita dapat. Yang pasti, jangan biarkan rezeki kita dipatok ayam—kalau ayam sendiri mah tak apa, kalau ayam tetangga? Hehe. Piss.

            Tinggalkan like dan komentar untuk artikel keren ini. Share agar bermanfaat bagi yang lain. Ikuti saya di facebook dan plus.google.

Ilustrasi: Google

No comments: