Wednesday 10 February 2016

Baca Artikel ini Biar Nggak Ketipu Harga Tawar Pasar




            Belanja. Siapa sih yang nggak suka belanja. Hampir semua kalangan pasti suka, terlebih para wanita yang fashion abis. Belanja, mulai dari untuk menghias diri, perabot rumah tangga, dan bahan untuk urusan dapur. Tapi nggak asal belanja, kebanyakan dari kita juga memilih harga barang yang agak miring alias lebih murah. Sasaran untuk berbelanja dengan harga terjangkau, tidak lain dan tidak bukan adalah pasar. Yoi, pasar memang menyediakan segala keperluan kita dengan harga bersahabat dengan kantong kita.

            Tapi kalau udah masuk pasar, kayaknya harus pinter-pinter nawar nih. Jelaslah, kalau nggak, habis dah duit, soalnya nggak ngerti harga pasaran, jadinya belinya kemahalan. Termasuk gue nih, pernah gue ketipu harga. Mereka kasih harga nggak terlalu mahal, kita tawar juga nggak terlalu miring, dikiranya udah murah, padahal tuh barang KW harganya masih terlalu mahal. Nyadar-nyadar pas udah nyampe rumah. Jengkel nggak tuh! Pastinyalah!

            Dari pengalama sebelumnya, gue jadi tahu gimana trik pedagang di pasar menjual barang dagangannya. Teman-teman di luar sana pasti nggak mau kan ketipu harga pasar, makanya nih saya tulis sedikit tips biar nggak ketipu harga tawar pasar. Apa aja sih? Biar nggak kelamaan, langsung aja nih beberapa tipsnya:

1. Cari Barang Sesuai Keinginan

Pertama-tama pasti kita harus ada list barang apa aja yang musti dibeli. Yaiyalah, kalau nggak ada yang mau dibeli ngapain masuk pasar, bisa-bisa nih ya uang ludes karena kepincut barang ini-itu yang nggak ada di daftar belanjaan. So, buat teman-teman, khususnya wanita yang biasanya suka tergoda dengan pakaian, tas, sepatu, dll, tulis list ya biar nggak boros dan nggak ketipu sama penampilan barang.

Oya, ada lagi. Kalau beli barang apa saja pastikan beli dengan merk terbaik, jangan yang KW-an. Karena tergiur harga murah, beli dah tuh yang palsu, ujung-ujungnya rusak belum waktunya. Lagian sih cari murahan. Ingat! Murah nggak apa-apa, yang penting jangan murahan, nanti rugi sediri layaw!


2. Tawar Separuh Harga

Setelah sudah mendapatkan barang yang diinginkan, pastikan tanya harganya ke pembeli, jangan langsung ditawar, kan belum tahu harganya. Nah khususnya nih buat teman-teman yang takut nawar. Tawar aja, gpp, gratis kok, nggak bayar! Di pasar mah biasa tawar-menawar, nggak perlu sungkan ya, Kak! Hehehe.

Pertama tawar separuh harga dulu. Kalau kata pedagang harganya Rp100.000, jadi ditawar Rp50.000 dulu. Kebanyakan sih mereka pakai system paruh. Kalau beli dengan harga Rp50.000, mereka jual pada pembeli dengan harga 2X lipat, tergantung pembelinya aja pintar nawar nggak. Tapi lihat-lihat barangnya juga ya, dan lihat tokonya. Kalau sekiranya tuh toko langganan yang kasih harga nggak tinggi-tinggi amat, nawarnya juga jangan kerendahan, kasihan penjualnya. Nanti juga bisa dimarain orang kalau nawarnya keterlaluan. Hehehe.

3. Naikin Harga Sedikit demi Sedikit

Setelah nawar dengan separuh harga udah maksa-maksa tetap nggak boleh, nggak pa-palah naikin harganya sedikit demi sedikit. Naikin Rp5.000 sampai 2 atau 3 kalilah. Nggak pa-pa. Tapi kalau buat teman-teman yang takut ketipu harga, nggak usah dinaikin gpp, langsung ke tips selanjutnya aja.

4. Langsung Pergi Aja!

Nah, ini cara ampuh banget. Kalau udan nawar, dinaikin, udah maksa-maksa tetap nggak boleh, langsung pergi aja! Iya, tinggalin aja tuh pedagang dan lihat reaksinya. Kalau dia manggil kita dan kasih barang dengan harga yang kita mau berarti kita berhasil dapat barang dengan harga murah! Hore …. Tapi kalau kita udah jalan jauh dan tuh pedagang tetap nggak panggil-panggil kita berarti harga tawar kita memang kemurahan. Dan biasanya kalau kita datang ke pedagang itu lagi dengan harga yang mereka mau (Ingat! Selisih harga tidak terlalu jauh dengan harga tawar kita. Rp5.000-Rp10.000 saja), itu juga udah murah banget, Kak!

            Kayaknya udah banyak yang nggak sabar mau praktikin tips biar nggak ketipu harga tawar pasar dari gue. Nggak usah buru-burulah, Kak. Besok, besok, dan besoknya lagi kan masih ada hari buat kita belanja dan dapat harga murah di pasar, alias nggak ketipu.

            Oya, jangan lupa share tips biar nggak ketipu harga tawar pasar ke teman-teman yang lain, biar semuanya pada tahu dan nggak ketipu. Oke!

            Share artikel bermanfaat ini ke seluruh media kamu, biar pada banyak yang praktikin. Bisa juga copas ke blog atau status kamu, tapi jangan lupa cantumin link ke artikel tips biar nggak ketipu harga pasar milik Ka Zo ini ya. Jangan lupa koment menarik kamu Ka Zo tunggu! Bye pada artikel berikutnya.

Ilustrasi : Google.

No comments: