Wednesday 10 June 2015

Sering Merasa Nyeri Saat Haid, Berikut Cara Ampuh Mengatasinya



Nyeri ketika haid sering kali dialami oleh sebagian atau banyak wanita. Rasa nyeri itu teramat sakit, hingga ada sebagian wanita yang tidak dapat bergerak dan hanya terbaring saja di ranjang. Rasa sakit yang menyiksa itu kadang terasa sebentar, namun banyak juga yang bersarang cukup lama di perut bagian bawah.

Banyak cara dilakukan agar rasa nyeri yang timbul akibat haid itu segera hilang, mulai dari yang tradisional hingga modern. Berikut saya membagikan beberapa tips yang juga patut dicoba agar rasa nyeri berlebihan itu membaik bahkan teratasi. Langsung saja meluncur ke tipsnya.

1.Air Hangat
Orangtua zaman dulu sering memakai air hangat untuk meredakan berbagai macam penyakit. Air hangat memang dipercaya mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid. Caranya, air hangat bisa diminum atau dimasukkan ke dalam botol, lalu kemudian dipakai untuk mengompres bagian perut yang sakit.

2.Minyak-minyakan
Selain air hangat, minyak juga tak kalah fungsi. Ketika sedang sakit atau masuk angin, banyak orang memilih alternatif memakai minyak angin, minyak kayu putih, atau minyak lainnya sebagai penyembuh. Saat nyeri terasa ketika haid, minyak-minyakan ini juga patut dicoba agar rasa yang menyiksa itu agar menjadi lebih baik. Semua minyak bisa dicoba, asal jangan minyak wangi saja ya, Guys. Hehe.

3.Istirahat Cukup
Istirahat yang bisa dilakukan adalah tidur agar rasa nyeri tak begitu terasa terasa dan tenangkan pikiran. Saat pikiran kita rileks dan tak terlalu mengekpresikan rasa sakit dengan cara berlebihan, maka nyeri itu bisa membaik atau bahkan hilang sepenuhnya.

4.Minum yang Cukup
Minum air putih juga dapat digunakan sebagai alternatif meringankan rasa nyeri. Selain air putih dengan suhu normal, kita juga bisa meminum air hangat agar merasa lebih baik dan segar.

5.Pijit Telapak Tangan
Selain di kaki, aku puntur juga berada di telapak tangan. Agar rasa nyeri mereda, maka pijitlah telapak tangan yang terhubung langsung pada area perut. Teman-teman bisa memijit atau minta pijit pada telapak tangan bagian tengah. Setelah itu, maka rasa nyeri akan segera mereda.

6.Obat Pereda Nyeri
Setelah beberapa cara di atas masih belum bisa meredakan nyeri, maka alternatif terakhir yang bisa dilakukan adalah meminum obat pereda nyeri untuk haid. Cara ini saya sarankan terakhir, karena obat-obatan biasanya membuat kita ketagihan. Maksudnya, jika kita terbiasa mengonsumsi obat, saat kita tidak minum maka rasa sakit yang timbul akan berlebihan. Jadi, gunakan obat—dengan kandungan kimia—jika terdesak saja. Lagi pula terlalu sering mengonsumsi obat juga tak baik untuk organ dalam kita.

Tips di atas semoga bermanfaat untuk kita. Jika ada tambahan tips lain dari mana pun, bisa menambahkannya ke kolom komentar agar teman-teman yang lain juga tahu. Sebaik-baiknya ilmu kan lebih baik jika bermanfaat bagi sesama. Terima kasih.


Gambar: Google

No comments: