Wednesday 10 June 2015

Sifat dan Karakter yang Dapat Diambil Dari Animasi ‘Masha and The Bear’



Hello, Bunda dan kawan-kawan. Si kecil sedang menonton acara animasi apa untuk mengisi harinya agar menjadi semakin ceria? Well, akhir-akhir ini karena seringnya adik kecil Robin—tetanggaku--yang bernama Zidan mampir ke rumah dan menonton animasi ‘Masha and The Bear’, aku jadi ketagihan. Si Zidan yang berusia lebih dari dua tahun ini sangat bandel dan menggemaskan. Dengan logat medoknya, dia akan berkata, “Tidak!” kepada siapa saja yang tidak dikehendakinya untuk ikut. Tapi, karena animasi ‘Masha and The Bear’ kesukaannya ini bisa menjadikannya dekat denganku—sedikit, hehe. Alhasil, jika animasi ini mulai, Zidan akan selalu memanggil namaku dengan logat lucunya agar aku memutar animasi ‘Masha and The Bear’.
           
Siapa sih yang tak tahu dengan animasi ‘Masha and The Bear’? Animasi yang tayang dua kali sehari di stasiun ANTV ini memang membuat penggemarnya tak sabar menunggu. Dari anak-anak, remaja, sampai dewasa ingin menikmati animasi komedi dari Rusia yang menggambarkan sosok anak kecil--entah datang dari mana—bernama Masha. Walaupun dalam animasi ini tak diperlihatkan siapa orangtua Masha, tapi dengan sifat periang anak berjubah dan kerudung merah muda ini lantas tak membuatnya kesepian, karena di sekelilingnya selalu ada beruang besar yang serba bisa dan beberapa binatang lainnya, seperti kelinci, tupai, serigala, dan lain-lain. Well, Bunda, walaupun Masha sangat jahil dan membuat si beruang terus jengkel, tapi ada beberapa sifat si kecil ini yang dapat diambil agar anak, adik, atau keponakan kecil kita menjadi lincah dan periang. Apa aja? Simak berikut ini.

1.      Pemberani
Yap, si Masha kecil ini memang sepertinya tak mempunyai satu hal pun yang ditakuti. Secara dia selalu dilindungi oleh beruang. Seperti halnya malaikat kecil di samping kita. Jangan mencoba menanamkan sifat penakut dalam hati malaikat kita. Salah satu cara agar mereka pemberani adalah salalu buatlah mereka nyaman, karena kita senantiasa menjadi pelindung mereka. Tapi, jangan menjadikan mereka manja. Kita selalu berada di sisinya, namun jangan tanamkan sifat anak mami—istilahnya. Buatlah mereka berani dengan cara mereka sendiri, dan kita selalu memantau mereka dari belakang.
2.      Selalu Ingin Tahu
Sifat kedua ini memang Masha banget, selalu ingin tahu. Kalau si Masha belum mengetahui apa yang dilakukan teman-teman binatangnya, rasanya masih greget, pingin tahu aja. Bunda, sifat ini juga bagus kita ajarkan kepada malaikat kecil kita. Semakin banyak rasa ingin tahunya, mereka akan banyak melakukan eksperimen ala mereka sendiri, sehingga mereka semakin cerdas.

3.      Penyayang
Meskipun Masha sangat jahil dan suka mengganggu teman binatangnya, namun anak dengan tawa khasnya itu sangat menyayangi para binatang, terutama beruang. Bunda, namun sebelum kita ingin malaikat kecil kita menyayangi keluarga tercinta, kita harus menunjukkan rasa sayang kita terlebih dahulu kepada mereka.

4.      Setia
Setia. Yap, Masha sangat setia dengan para teman-teman binatangnya, terutama pada beruang. Di mana pun ada beruang, di situ ada Masha. Itulah kesetiaan Masha.

5.      Ceria dan Lincah
Kata ‘ceria dan lincah’ memang pantas Masha sandang sebagai tokoh utama animasi tersebut. Di dalam animasi komedi ini, jika ada Masha, maka dunia tidak akan hampa, selalu berwarna.

6.      Kreatif dan Unik
Anak yang satu ini memang sangat ‘kreatif dan unik’. Bagaimana tidak, permainan dan cara yang dilakukannya ada saja untuk membuat hari ceria dan penuh tawa.

7.      Bertalenta
Karena kreatif dan unik, menjadikan Masha mempunyai banyak talenta menarik.

8.      Rela Berkorban
Walaupun Masha hanya seorang anak, tapi jiwa rela berkorbannya sudah tertanam. Seperti contoh waktu para binatang ingin menyelamatkan beruang yang tersangkut di rel kereta, tapi sangat susah. Sampai Masha datang tepat beberapa mili detik kereta hendak menabrak mereka.

9.      Usil
Usil, ini kan sifat buruk. Eits, Bunda, jangan salah paham ya. Sifat usil Masha yang satu ini adalah agar dapat mencari banyak teman. Usil yang dimaksud adalah tidak membosankan jika ada yang berteman dengan Masha. Untuk itu Masha selalu menjadi pusat perhatian di animasi tersebut.

           

Well, Bunda dan kawan-kawan, itulah beberapa sifat Masha yang dapat kita contoh untuk mendidik malaikat kecil kita. Setiap tayangan di televisi pasti ada sisi baik dan buruknya. Namun anak-anak belum bisa membedakan mana yang tidak atau patut dicontoh. Untuk itu, kita harus selalu mendampingi apa pun yang mereka tonton dan mengajarkan hal baik kepada mereka. Jika kalian mempunyai pendapat lain, silakan share di kolom komentar. Oke, terima kasih. Tunggu artikel menarik berikutnya. Pantengi terus blog saya, ya. Hehe.


Gambar: Google

No comments: